Detail Obyek Wisata

Masjid Raya Singkawang

Terletak di Kec.  Singkawang Barat ,     Kel.  Kelurahan Pasiran

Masjid Raya Singkawang adalah salah satu masjid tertua di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, tepatnya di Kota Singkawang. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Muslim Singkawang

Masjid yang mempunyai cerita yang cukup panjang didirikan awalnya pada tahun 1880, dibangun oleh Bawasahib Maricar dan keluarganya adalah merupakan pendatang dan pedagang dari Calcutta India, yang kemudian diangkat Pemerintah Belanda sebagai Kapitan di Singkawang pada tahun 1875.

Kapitan Bawasahib Maricar membangun Masjid Raya di kawasan Pasar Baru Singkawang kala itu. Saat dibangunnya Masjid tempat ibadah umat Islam di Singkawang saat itu masih sederhana, masih berukuran kecil dan tidak mempunyai menara. Kapitan Bawasahib Maricar membangun Masjid Raya di tanah miliknya yang berbentuk segitiga berdekatan dengan “Kelenteng Pekong”  atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang dibangun oleh seorang Kapitan dari etnis Tionghoa.

Namun sekitar tahun 1937, terjadi kebakaran hebat di pusat kota Singkawang kala itu, kebakaran itu telah membumihanguskan bangunan-bangunan, termasuk Masjid Raya dan Vihara. Namun tak lama berselang sekitar tahun 1940 Masjid Raya dibangun kembali  kembali dengan lokasi di tempat semula sebelum masjid tersebut terbakar oleh 3 orang bersaudara keluarga dari Bawasahib Maricar yaitu Haji B. Achmad Maricar, B. Mohammad Haniffa Maricar dan B. Chalid Maricar.

Kondisi Masjid diperluas arealnya dengan sumbangan lahan tanah milik keluarga Kapitan Bawasahib Maricar, dan baru pada tahun 1953 mulai dibangun menara yang terletak disamping kiri Masjid Raya, kendati semakin luas namun bentuk areal Masjid tersebut masih berbentuk segitiga, inilah salah satu keunikan dari Masjid Raya Singkawang berdiri dengan bentuk segitiga yang dikelilingi oleh jalan raya.

Sehingga tidaklah mengherankan bila setiap pendatang atau pelancong yang mengunjungi kota Singkawang tidaklah “afdol” bila tidak singgah atau menikmati panorama Masjid Raya Singkawang yang berdekatan dengan Kelenteng atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya, kedua bangunan ini merupakan ciri khas tersendiri masyarakat Singkawang yang terkenal dengan sebutan “kota seribu klenteng”, perbedaan agama dan keyakinan tetapi tetap saling menghormati, bahkan saat dilaksanakannya upacara kegiatan di Vihara tersebut terutama saat Imlek dan Cap Go Meh maupun saat Iedul Fitri dan Iedul Adha, keduanya saling menghormati.


Admin
Masjid Raya Singkawang
Kelurahan Pasiran

Kategori Wisata

Cari Objek Wisata

Pilih Kecamatan :
Pilih Kelurahan :