Detail Obyek Wisata

Vihara Tri Dharma

Terletak di Kec.  Singkawang Barat ,     Kel.  Kelurahan Melayu

Vihara Tri Dharma Bumi Raya adalah vihara tertua d kota singkawangyang diperkirakan teklah berusia 200 tahun. Penduduk setempat menyebut vihara tri dharma bumi raya dengan sebuta  tai pak kung (toa pekong). Vihara yang terletak di pusat kota singkawang ini merupakan salah satu ciri khas dan cikal bakal berdirinya kota singkawang.

Tahun pembuatan vihara ini belum ditemukan secara pasti. Namun menurut komunitas tionghoa Singkawang, usia vihara ini setara dengan sejarah keberadaan kounitas tionghoa singkawang yang telah berusia lebih dari 2000 tahun. Pada tahun 1933, vihara ini diperluas dan renovasi. Namun pada tahun 1936, vihara ini sempat terbakar sehingga d lakukan renovasi ulang

Vihara yang tepat di jantung kota singkawang ini dipercaya sebagai tempat berdiamnya dewa bumi raya. Dewa ini dipercaya oleh etnis tionghoa sebagai dewa yang menjaga kota singkawang. Atas dasar kepercayaan tersebut, maka masyarakat tionghoa di kota singkawang dan sekitarnya juga mengadakan semacam ulang tahun bagi dewa bumi raya yang dihelat setiap tanggal 6 bulan 6 (6 juni)pada setiap tahun nya.

Kesan tua sekaligus magis langsung terlihat begitu kita masuk ke vihara ini. Meskipun tidak semegah vihara budha tri darma, tapi kesan sakral yang dimunculkan di vihara ini akan langsung didapatkan begitu kita melangkah kaki memasuki pintu vihara.

Bangunan vihara jelas menampakan kesan tua. Dinding dan kayu penyangga ruangan juga memunculkan kesan bahwa vihara ini mempunyai usia yang cukup panjang. Sedikitnya umur vihara ini telah mencapai 200 tahu, demikian disampaikan oleh salah satu pengurus vihara.

Vihara ini mempunyai satu lantai yang merupakan pusat dari segala aktivitas kegamaan. Misalnya upacara sembahyang yang dilakukan setiap hari pada waktu sore. Salah satu perangkat yang sangat penting adalah keberadaan patung pek kong


Admin
Vihara Tri Dharma
Kelurahan Melayu

Kategori Wisata

Cari Objek Wisata

Pilih Kecamatan :
Pilih Kelurahan :